Connect with us

KOTA MANADO

Lantamal Manado Gelar Penyuluhan Hukum Kepada Prajurit

Published

on

Penyuluhan hukum tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahuan tentang hukum kepada prajurit maupun PNS.

Sulutraya.com, Manado – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado menggelar penyuluhan hukum kepada prajurit Perwira, Bintara dan Tamtama maupun PNS di institusi tersebut.

“Penyuluhan hukum dilakukan Dinas Hukum (Diskum) dan Polisi Militer (POM) Lantamal VIII,” kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal VIII Mayor Laut (KH) M Samuel Pontoh, di Manado, Kamis (5/9/2019).

Ia mengatakan penyuluhan hukum tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahuan tentang hukum kepada prajurit maupun PNS.

Khususnya peraturan hukum yang berlaku di lingkungan TNI Angkatan Laut, sekaligus memberikan bantuan hukum bagi personel Lantamal VIII.

Dalam penyuluhan hukum tersebut Perwira Diskum Lantamal VIII Letda Laut (KH) Arie menjelaskan Perkasal Nomor 30 Tahun 2018 tentang Sanksi Administratif Bagi Prajurit TNI AL.

“Serta penjelasan tentang kejahatan terhadap kesopanan yang disampaikan Komandan Polisi Militer (Danpom) Lantamal VIII Letkol Laut (PM) Dedhi Priyo Wibowo,” katanya.

Kepala Diskum Lantamal VIII Letkol Laut (KH) Freddie Alexander Tamara, mengatakan pihaknya berharap kepada prajurit dan PNS Lantamal VIII dapat mengerti dan memahami sehingga muncul kesadaran hukum dan tidak melakukan pelanggaran.

“Prajurit dan PNS diharapkan patuh terhadap hukum yang berlaku,” katanya. (mhs)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

KOTA MANADO

Gubernur Ajak Masyarakat Bawa Sulut Maju Sejahtera

Published

on

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey.

Sulutraya.com, Manado – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey pada perayaan ulang tahun provinsi ke- 55 mengajak masyarakat membawa daerah tersebut semakin maju dan sejahtera.

“Apa yang telah kita upayakan ini adalah melanjutkan perjuangan para pendahulu membawa daerah ini semakin maju, semakin berkembang dan semakin sejahtera,” ujar MAJU SEJAHTERA MAJU SEJAHTERA Olly di Manado, Senin (23/9/2019).

Di usia ke- 55 tahun ini, persatuan dan kebersamaan masyarakat membangun bangsa dan daerah harus tetap terjaga agar progres pembangunan semakin baik dan bermuara menjadikan Sulut semakin hebat lagi.

“Menjadi harapan juga, dalam momentum bersejarah ini seluruh masyarakat dari Miangas sampai Pinogaluman akan menyatakan tekad, sikap dan komitmen tidak berhenti mendukung arah pembangunan pemerintah pusat membangun sumber daya manusia unggul menuju terwujudnya Indonesia maju,” katanya.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, perayaan kali ini berbeda dengan waktu sebelumnya, di mana pameran pembangunan dan promosi yang biasanya dilaksanakan di Kayuwatu Manado, tahun ini akan digelar di SMESCO Convention Hall Jakarta bertajuk “Sulut Expo 2019”.

Tidak hanya sekadar memberikan kesan berbeda, akan tetapi “Sulut Expo” semakin memperkenalkan Sulut di kancah nasional, dan ditargetkan akan menguatkan branding wajah daerah ini sebagai kawasan investasi dan pariwisata dunia.

“Mari kita dukung bersama iven ini sehingga nantinya hingga nantinya meraih kesuksesan dan memberikan pengaruh positif menjadikan Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan Pasifik,” sebutnya.

Upacara peringatan ulang tahun provinsi juga dirangkaikan dengan penyerahan sejumlah penghargaan dan bantuan di antaranya kepada ASN dan THL teladan bantuan hibah pendidikan berupa satu unit motor, 13 unit laptop kepada Politeknik Negeri Manado.

Selanjutnya, penyerahan delapan unit motor dan 15 unit komputer kepada Politeknik Nusa Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe, sertifikat hak pakai oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulut kepada Gubernur dan penghargaan lainnya.

Selain itu dilakukan juga peresmian layanan 119 kegawatdaruratan medik Indonesia yang digagas oleh Dinas Kesehatan Sulut

Tampak dalam upacara tersebut jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, Ketua DWP Sulut Ivonne Silangen-Lombok, para pejabat Pemprov Sulut, jajaran BUMN, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kalangan pelajar.

Bertindak sebagai komandan upacara Kepala Biro Umum Clay June Dondokambey dan pengibaran bendera merah putih oleh anggota Paskibraka. (kap)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KOTA MANADO

Sekda Bitung Berharap Kebersamaan Bangun Sulut Tetap Kuat

Published

on

Sekretaris daerah (Sekda) Kota Bitung, DR Audy Pangemanan.

Sulutraya.com, Manado – Sekretaris daerah (Sekda) Kota Bitung, DR Audy Pangemanan berharap kebersamaan yang tercipta selama ini dalam membangun Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan tetap kuat.

“Semoga di usia Ke-55 tahun Provinsi Sulawesi Utara, persatuan dan kebersamaan kita dalam membangun bangsa dan daerah akan tetap terjaga,” kata Pangemanan di Manado, Senin (23/9/2019).

Dia menambahkan kedepannya progres pembangunan di Sulut akan semakin baik yang pada muaranya dapat menjadikan Sulut semakin hebat.

Pangemanan menjelaskan bahwa disamping rasa syukur yang patut dipanjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, diharuskan mampu memaknai peringatan hari ulang tahun ini sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu.

“Dan apa yang telah diupayakan dalam melanjutkan perjuangan para pendahulu untuk membawa daerah ini semakin maju, berkembang dan sejahtera,” ucapnya

Dia menjelaskan berhasil mewujudnyatakan sejumlah program pembangunan, yang progresnya bisa dilihat dari capaian makro pembangunan daerah Sulawesi Utara seperti nampak antara lain, indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus meningkat dalam tiga tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang selalu berada pada angka diatas enam persen atau lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yaitu lima persen.

Menurutnya, inflansi daerah yang senang tiasa terkendali dimana dengan kemampuan kita menekan inflansi hingga berada pada angka 3,83 persen di tahun 2018 telah menjadikan Sulawesi Utara ditetapkan sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia dalam hal pengendalian inflansi daerah diproyeksikan inflasi daerah pada 2019 akan berada pada angka 3,60 persen.

Presentase penduduk miskin Sulawesi Utara yang selalu berada di bawah rata-rata angka kemiskinan nasional. Tercatat angka kemiskinan Sulawesi Utara pada 2018 sebesar 7,66 persen,

“Angka ini masih menjadikan Sulawesi Utara sebagai daerah dengan presentase penduduk miskin terendah di wilayah provinsi, angka pengangguran Sulawesi Utara yang pada Agustus 2018 sebesar 6,86 persen turun 0,32 poin dalam setahun terakhir,” jelas Pangemanan.

Pangemanan juga mengatakan bahwa berbagai capaian, keberhasilan dan kesuksesan yang telah kita torehkan harus kita jadikan motivasi untuk kedepanya terus berbuat dan berkarya lebih baik lagi bagi kemajuan daerah tercinta.

“Setiap kegagalan dan kekurang-berhasilan harus menjadi pembelajaran untuk perbaikan dan penyempurnaan di tahun-tahun mendatang,” lanjutnya.

Audy Pangemanan bertindak sebagai Irup pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-55 Provinsi Sulawesi Utara Dirangkaikan dengan Apel Korpri Pemerintah Kota Bitung. Bertempat Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Bitung. (ant)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KOTA MANADO

Sulut Masih Aman dari Kiriman Asap Karhutla Kalimantan

Published

on

Kondisi Sulut yang relatif aman juga terjadi beberapa tahun sebelumnya ketika terjadi karhutla di Kalimantan.

Sulutraya.com, Manado – Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kabupaten Minahasa Utara, Muhammad Candra Buana SST mengatakan, Sulawesi Utara (Sulut) masih aman dari kiriman asap karhutla Kalimantan.

“Tidak ada asap kiriman dari sana (Kalimantan) ke Sulut,” ujar Candra di Manado, Minggu (22/9/2019).

Dia mengatakan, kondisi Sulut aman asap kiriman ini kata dia, ada kaitannya dengan tiupan arah angin dari arah selatan dan timur.

Dia menambahkan, kondisi Sulut yang relatif aman juga terjadi beberapa tahun sebelumnya ketika terjadi karhutla di Kalimantan.

Hanya saja menurut dia, yang harus tetap menjadi perhatian bersama adalah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Sulut sendiri.

“Asap yang ada berasal dari karhutla lokal, belum pada kondisi mengkhawatirkan,” sebutnya.

Pada tanggal 20 September 2019 misalkan, BMKG mencatat sebanyak lima titik api (hot spot) yang terjadi di provinsi ujung utara Sulawesi itu.

Titik api kebanyakan berada di Kabupaten Bolaang Mongondow dan satunya berada di wilayah Kota Manado.

“Koordinasi terus kami lakukan dengan instansi teknis terkait dalam upaya pencegahan dan pengendalian karhutla,” sebutnya. (mhs)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending