Connect with us

Uncategorized

Tentara dan Polisi Patroli Bersama Cegah Kebakaran Hutan-Lahan

Published

on

Petugas gabungan memberikan imbauan kepada warga yang sedang beraktifitas di lahan perkebunan mereka.

Sulutraya.com, Manado – Guna menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), di musim kemarau, personel Polsek Likupang menggelar patroli bersama TNI dan pemerintah desa, di Winuri, Likupang Timur, Minahasa Utara.

Bhabinkamtibmas Polsek Likupang Ajun Inspektur Satu Polisi Tarfin Mambu, di Minahasa Utara, Senin (12/8/2019) berkata, dalam patroli, petugas gabungan memberikan imbauan kepada warga yang sedang beraktifitas di lahan perkebunan mereka. Patroli itu dia laksanakan bersama Babinsa Winuri Sersan Kepala Jemmy Nangkoda dan para perangkat desa setempat.

“Kami mengimbau warga jangan membuka lahan baru dengan cara membakar, karena dapat menimbulkan kebakaran. Pembakaran hutan dan lahan merupakan pelanggaran pidana,” katanya.

“Karena selain dapat membahayakan keselamatan jiwa, juga menimbulkan kerugian bagi negara maupun masyarakat sekitarnya,” katanya. (jmd)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Uncategorized

TNI AL Tanam 3.000 Bibit Mangrove

Published

on

Penanaman bibit Mangrove serangkaian dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia.

Sulutraya.com, Tahuna – TNI Angkatan Laut Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara menargetkan menanam 3.000 bibit Mangrove di Sangihe.

“Kami akan menanam 3.000 bibit mangrove di Sangihe,” kata Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo, di Tahuna, Selasa (8/10/2019).

Menurut dia, penanaman bibit Mangrove serangkaian dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia.

“Memeriahkan HUT ke-74 TNI, kami melaksanakan kegiatan penanaman mangrove sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan,” kata Danlanal Tahuna.

Menurut dia, penanaman bibit mangrove dimulai pada hari Senin (7/10/2019) dipusatkan di kompleks pertamina Tahuna yang ada di Kelurahan Tapuang Kecamatan Tahuna Timur.

“Kemarin hari Senin, kami sudah melaksanakan kegiatan penanaman bibit mangrove di kompleks Pertamina Tahuna melibatkan Instansi terkait diantaranya Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Tahuna, Pengawasan Sumber Daya Kelautan (PSDKP) Tahuna, Siswa/siswi SMA serta Polres Sangihe.

Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo mengatakan, kegiatan penanaman mangrove merupakan perintah langsung dari Panglima TNI, dalam rangkaian kegiatan HUT ke-74 TNI.

“Tujuan dari kegiatan penanaman bibir mangrove adalah menyelamatkan lingkungan demi anak cucu kita,” kata Aribowo.
Menurut dia, sebenarnya mangrove ini memiliki banyak manfaat diantaranya bisa dijadikan tempat wisata.

“Mangrove selain bisa dijadikan tempat wisata juga menjadi penahan abrasi serta bertelurnya ikan sehingga sangat bermanfaat untuk manusia,” kata dia.

Kegiatan hari pertama kata Danlanal, telah ditanam sebanyak 500 bibit mangrove, sedangkan 2.500 ditanam pada hari selanjutnya.

“Hari pertama ditanam sekitar 500 bibit mangrove, selanjutnya akan diteruskan oleh jajaran TNI AL dan masyarakat sampai 3.000 bibit selesai ditanam, sebab secara nasional ada 300.074 bibit mangrove yang harus ditanam,” tambahnya. (kap)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Uncategorized

Jamaah Haji Sulut Tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado

Published

on

Kepulangan para haji tersebut dibagi dalam dua kelompok terbang (kloter), yaitu Kloter 12 yang mendarat pada Sabtu (14/9/2019).

Sulutraya.com, Manado – Jamaah haji dari berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Utara tiba di Tanah Air melalui Bandara Sam Ratulangi Manado setelah hampir sebulan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggu (15/9/2019) Gandeguai, di Manado, Minggu (15/9/2019) mengatakan kepulangan para haji tersebut dibagi dalam dua kelompok terbang (kloter), yaitu Kloter 12 yang mendarat pada Sabtu (14/9/2019) dan Kloter 13 yang rencananya tiba pada Senin (16/9/2019).

“Tercatat sebanyak 450 haji Kloter 12 diberangkatkan dari Balikpapan ke Manado menggunakan pesawat milik maskapai Lion Air dengan pembagian ‘flight’ (penerbangan), yaitu 215 jamaah haji mendarat pukul 05.35 Wita dengan JT 3942, 215 jamaah haji mendarat pukul 06.35 Wita menggunakan JT 3661, serta 20 jamaah haji lainnya akan tiba dengan menggunakan penerbangan reguler Lion JT 942 pada pukul 15.15 Wita,” kata dia

Kedatangan jamaah haji Kloter 12 yang berasal dari Bolaang Mongondow, Kota Kotamobagu, Minahasa, Minahasa Selatan, dan Bitung itu disambut Kepala Inspektorat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Praseno Hadi mewakili Gubernur Sulawesi Utara, serta manajemen Bandara Sam Ratulangi Manado.

Ia menyampaikan bahwa melalui koordinasi serta sinergi yang erat dengan berbagai instansi terkait, penyelenggaraan ibadah haji pada 2019, khususnya saat keberangkatan dan kepulangan, di bandara setempat berjalan dengan lancar.

“Sebagai pengelola Bandara Sam Ratulangi Manado, kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengguna jasa, khususnya para jamaah haji yang baru saja kembali dari Arab Saudi. Tentunya, kami selalu berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Otoritas Bandara (Otban) Wilayah VIII, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), serta utamanya Kementerian Agama sebagai penyelenggara kegiatan ibadah haji,” ujar Minggus.

Sejak dini hari, sebelum pesawat yang membawa jamaah haji mendarat, para personel pengamanan bandara, Otoritas Bandara hingga KKP, telah siap menyambut kedatangan mereka, utamanya mengantisipasi jika ada haji yang kurang sehat selama penerbangan.

“Selamat datang kepada para jamaah haji Provinsi Sulawesi Utara yang telah kembali dari Tanah Suci, selamat berkumpul kembali dengan keluarga dan menjadi haji/hajah yang mabrur. Tak lupa kami sampaikan apresiasi atas koordinasi serta partisipasi dari seluruh instansi terkait sehingga sejak keberangkatan hingga kepulangan para jamaah haji ini dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Untuk Kloter 13 dijadwalkan tiba pada Senin (16/9/2019), pukul 05.35 Wita dengan jumlah 215 haji, dan pukul 06.35 Wita berjumlah 215 orang, menyusul pada pukul 15.15 Wita berjumlah tujuh orang. (jmd)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KOTA MANADO

Pemprov Sulut Perkuatkan Akuntabilitasi Mendukung Reformasi Birokras

Published

on

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Edwin Silangen.

Sulutraya.com, Manado – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen mengatakan pemerintah provinsi memperkuat akuntabilitas aparatur sipil negara untuk mendukung reformasi birokrasi.

“Terima kasih kepada jajaran KemenPAN-RB yang telah memberi perhatian kepada Pemprov Sulut serta pemerintah kabupaten dan kota dalam rangka penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan reformasi birokrasi,” ujar Silangen di Manado, Selasa (27/8/2019).

Pemprov Sulut telah melakukan berbagai upaya di tahun 2019 ini untuk memperkuat SAKIP dan reformasi birokrasi di Sulut.

“Hasil evaluasi kita semakin baik di tahun 2019 sehingga akuntabilitas dapat dipertanggunggjawabkan kepada masyarakat yang semakin kritis,” katanya.

Menurut Silangen, pemprov maupun pemkab/pemkot dapat mencapai prestasi yang lebih baik di tahun 2020 apabila konsisten melakukan perbaikan terkait SAKIP dan reformasi birokrasi.

Upaya-upaya penguatan SAKIP tersebut dilakukan dengan melaksanakan penyusunan perjanjian kinerja dan penandatanganan perjanjian kinerja gubernur dan perjanjian kinerja kepala daerah.

Di samping itu, melaksanakan penyusunan laporan kinerja serta meninjau ulang laporan kinerja instansi Pemprov Sulut.

Pemprov dan pemkab/pemkot juga menyampaikan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah melalui aplikasi e-SAKIP, melaksanakan coaching clinic SAKIP yang diasistensi Kementerian PAN-RB serta perencanaan menggunakan aplikasi e-planning sebagai implementasi dari e-government.

Selanjutnya berkaitan reformasi birokrasi, kata Silangen, Pemprov Sulut telah melakukan langkah-langkah perbaikan berdasarkan arahan dari KemenPAN-RB yaitu dengan melaksanakan rakor penguatan untuk mengoptimalkan pokja reformasi birokrasi.

Selain itu, penguatan reformasi birokrasi tentang tata cara penginputan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) yang diasistensi oleh kementerian, serta memfasilitasi perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota menyampaikan PMPRB menggunakan aplikasi hingga monev.

“Tentunya langkah-langkah yang telah dilakukan dalam penerapan SAKIP dan pelaksanaan reformasi birokrasi memerlukan evaluasi untuk perbaikan ke depan sehingga terus mengharapkan dukungan dan arahan dari jajaran Kemen PAN-RB,” katanya. (mhs)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending